Sabtu, 31 Maret 2012

Penjadwalan Shift Kerja


1. Pengertian shift kerja
Tayari and Smith (1997) menjelaskan   tentang definisi shift kerja sebagai  periode waktu 24 jam  yang satu atau kelompok orang  dijadwalkan atau diatur untuk bekerja di tempat kerja[1].  Selanjutnya Oxord Advanced Learner’s Dictionary  (2005) mendefinisikan shift kerja sebagai   suatu periode waktu  yang dikerjakan oleh sekompok pekerja  yang mulai bekerja  ketika kelompok yang lain selesai[2].
Menurut Bhattacharya dan McGlothlin (1996) definisi shift kerja yang mendasar adalah  waktu dari sehari seorang pekerja harus berada di tempat kerja. Dengan definisi ini, semua pekerja yang dijadwalkan berada di tempat kerja secara teratur, termasuk pekerja siang hari, adalah  pekerja shift[3].
Monk dan Folkard dalam Silaban dalam Wijayanti (2005) mengkategorikan 3 jenis sistem shift kerja, yaitu shift permanen, sistem rotasi cepat, dan sistem rotasi shift lambat[4]

2. Dampak Kerja Shift  Pada Kinerja  Karyawan
Kabaj, 1978;  Tilley et al., 1982; Schultz and Schultz, 1986, dalam . Tayari  and Smith (1997)[5] mengungkapkan bahwa  kerja shift dapat mempengaruhi kinerjakaryawan dalam berbagai cara. Namun demikian  pengaruh sekunder tidak penting dibandingkan  pengaruh lain dari kerja shift. Pengaruh utama adalah psikologis, sosial dan pribadi. Pengaruh dari kerja shift pada kinerja karyawan dapat diringkas sebagai berikut.
1)      Secara umum, kinerja kerja shift dipengaruhi oleh kombinasi  dari faktor-faktor berikut:
a)  Tipe pekerjaan. Pekerjaaan yang menuntut  secara mental (seperti inspeksi dan  kontrol kualitas) memerlukan  kesabaran dan kehati-hatian. Pekerja shift  mungkin  akan kekurangan dua hal tersebut.
b)  Tipe sistem shift. Gangguan irama tubuh (circadian rhythms) dapat  menimbulkan kerugian  terhadap kemampuan fisik dan mental pekerja shift,  khususnya ketika  perubahan shift kerja dan shift malam.
c)  Tipe pekerja. Untuk contoh, pekerja yang telah berusia tua memiliki kemampuan yang minimal untuk  untuk menstabilkan irama tubuh ketika perubahan shift kerja.
2)      Kinerja shift malam  yang rendah dapat dikaitkan dengan;
a)    Ritme tubuh yang terganggu
b)    Adaptasi yang lambat terhadap kerja shift malam
c)    Pekerja lebih produktif  pada shift siang daripada shift malam
d)   Pekerja membuat sedikit kesalahan  dan kecelakaan pada  shift siang daripada shift malam.
e)   Kehati-hatian pekerja  menurun selama kerja shift malam,  khususnya ketika pagi-pagi sekali. Hal ini mungkin penting diperhatikan terutama untuk tugas-tugas yang memerlukan pengawasan yang terus-menerus (seperti operator mesin)
f)  Jika pekerja  tidak mendapatkan tidur yang cukup  untuk shift kerja, kinerja  dapat dipengaruhi secara buruk khususnya  pekerjaan yang memerlukan  tingkat kehati-hatian yang tinggi.

3.  Manajemen Kerja Shift
Menurut Tayari F and Smith J.L. (1997) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk   manajemen kerja shift adalah sebagai berikut.
a) Jika memungkinkan lamanya kerja   shift malam dikurangi  tanpa mengurangi  kompensasi dan benefit lainnya.
b) Jumlah karyawan shift malam yang diperlukan seharusnya  dikurangi untuk mengurangi jumlah hari kerja pekerja  shift malam.
c)  Lamanya kerja shift tidak melebihi  8 jam.
d)  Tiap shift siang atau malam  seharusnya diikuti dengan  paling sedikit 24 jam libur dan tiap shift malam  dengan paling sedikit  2 hari libur, sehingga pekerja  dapat mengatur  kebiasaaan tidur mereka.
e)   Memungkinkan adanya interaksi sosial dengan teman kerja.
f)   Menyediakan fasilitas kegiatan olah raga  seperti permainan bola baskket,  khususnya untuk pekerja shift malam.
g)   Musik yang tidak monoton selama bekerja shift malam sangat berguna.

4.  Regulasi 

a) Pada sidang ke-77 di Jenewa tanggal 26 Juni 1990 dibahas mengenai standar Internasional bagi pekerja malam. Standar yang dimaksud adalah The Night Work Convention and RecommendationThe Night Work Conventionmembahas mengenai kesehatan dan keselamatan, transfer kerja siang hari, perlindungan bagi kaum wanita, kompensasi dan pelayanan sosial.Recommendation membahas mengenai batas waktu kerja normal, waktu istirahat yang minimum antar shift, transfer kerja siang pada situasi khusus, kesempatan pelatihan

b)  Menurut pasal 76 Undang-Undang No. 13 tahun 2003, pekerja perempuan yang berumur kurang dari 18 (delapan belas) tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00, yang artinya pekerja perempuan diatas 18 (delapan belas) tahun diperbolehkan bekerja shift malam (23.00 sampai 07.00). Perusahaan juga dilarang mempekerjakan pekerja perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.

c)  Perusahaan memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi sesuai dengan Undang-Undang No.13/2003 yang lebih lanjutnya diatur dalam Kep.224/Men/2003 tentang Kewajiban Pengusaha yang Mempekerjakan Pekerja Perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00.
Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00 wajib :
§  Memberikan makanan dan minuman bergizi
Makanan dan minuman yang bergizi harus sekurang-kurangnya memenuhi 1.400 kalori, harus bervariasi, bersih dan diberikan pada waktu istirahat antara jam kerja. Makanan dan minuman tidak dapat diganti dengan uang.
§  Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja
Pengusaha wajib menjaga keamanan dan kesusilaan pekerja perempuan dengan menyediakan petugas keamanan di tempat kerja dan menyediakan kamar mandi yang layak dengan penerangan yang memadai serta terpisah antara pekerja perempuan dan laki-laki. Pengusaha juga diharuskan menyediakan antar jemput mulai dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya. Lokasi tempat penjemputan harus mudah dijangkau dan aman bagi pekerja perempuan.
Pelaksanaan pemberian makanan dan minuman bergizi, penjagaan kesusilaan, dan keamanan selama di tempat kerja serta penyediaan angkutan antar jemput diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama. Jadi ingat, sebelum menandatangani Perjanjian Kerja, harap dibaca dahulu dengan seksama apa yang tertulis di Perjanjian Kerja.
d)  Waktu Kerja Normal menurut Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi, No. Kep. 102/MEN/VI/2004.
Untuk 6 hari kerja : Waktu Kerja 7 jam/hari (hari ke1-5), 5 jam/hari (hari ke-6) , 40 jam/minggu
Untuk 5 hari kerja : Waktu Kerja 8 jam/hari, 40 jam/minggu
Lebih dari waktu ini dihitung waktu kerja lembur
 5. Simulasi Pengaturan Jadwal Kerja Shift 
Pengaturan Jadwal kerja shift di Industri manufacture Indonesia terdapat beberapa model yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan itu sendiri. Penjadwalan Kerja Shift yang biasa digunakan antara lain :
1.  Empat (4) Grup Tiga (3) Shift
Penjadwalan model ini digunakan untuk aktivitas manufacture selama 24 jam sehari dan beroperasi penuh selama sepanjang tahun, terhenti  pada hari besar Idul fitri dan Tahun Baru .  Besarnya  output produksi yang ditetapkan dan aktivitas engineering yang menuntut aktivitas ini berlangsung terus. Karyawan terbagi kedalam 4 Grup, Bekerja selama 5 hari kerja dengan working hours 7 + 1. Pergantian Shift dari 3 ke 1, karyawan mendapat libur 2 hari. Model ini menyebabkan Hari Libur karyawan tidak menentu.
 Berikut Contoh simulasi penjadwalan 4 Grup 3 Shift
Keterangan  :
1.   Shift 1 : Pk. 07.00 – 15.00 , Shift 2 : Pk.15.00 – 23.00 , Shift 3 : Pk. 23.00 – 07.00
2.  Urutan Putaran shift  Shift 3 -> Shift 2 -> Shift 1 ( 3-2-1 ) , Pergesaran Shift menuju dan setelah Shift 3 ada perlakuan khusus. Setelah Shift 3 karyawan mendapat libur lebih banyak ( 2 hari ) sebelum memasuki jadwal shift 1.
Dua hari sebelum  libur sebelum shift 3, aktual libur adalah 1 hari. Satu harinya lagi merupakan hari pertengahan, tapi karyawan harus mulai masuk pada malam harinya (Pk. 23.00)


2.  Tiga (3) Grup Tiga (3) Shift
Penjadwalan shift model ini, memberikan peluang istirahat / Libur secara Teratur. Karyawan bekerja dari Senin – Sabtu, minggu istirahat. Dibanding model 4 Grup, Total karyawan yang dibutuhkan pastinya lebih sedikit, begitu pula untuk out put volume Produksinya.
Jam kerja perhari 7 + 1 ( 7 jam kerja, 1 jam istirahat ), kecuali hari sabtu 5 Jam kerja dengan Total jam kerja  40 jam Seminggu. Jam kerja ini fleksibel, jika diperlukan pada hari terakhir bisa dibuat overtime ( otomatis ) selama 2 Jam.
 Berikut contoh simulasi Penjadwalan 3 grup 3 Shift

 Keterangan :
1.   Jam Kerja Shift fleksibel, untuk Shift 1, bisa dimulai di Pk. 06.00 atau 07.00, Shift berikutnya menyesuaikan.
2.   Putaran Shift  Shift 3 -> Shift 2 -> Shift 1 (3-2-1).
3.  Jadwal ini bisa diterapkan untuk putaran 2 Grup, 2 Shift
4.  Berdasarkan Keputusan Menteri, Kep.102/MEN/2004, Pasal 3 ayat 1, “ waktu Kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 jam dalam 1 hari dan 14 jam dalam 1 minggu”. Khusus shift 1 bisa diberlakukan Long Shift ( Pk.07.00 – 19.00 ), dengan istirahat, selama maksimal 15 Jam/orang perminggu.

              3. Non Shift
         Non Shift, pada umumnya diperuntukkan bagi  departemen yang memerlukan koordinasi internal dan eksternal saat jam-jam kerja pagi – siang. Jam Kerja normal fleksible, Pk.08.00-16.00
      Jadwal kerja Non Shift  ada 2 model, 6 hari kerja dan 5 hari kerja. Meski beda Lama jam kerja sehari namun tetap total jam kerja seminggu 40 Jam. 

6. Penutup
    Penentuan model penjadwalan kerja shift, perlu dipertimbangankan tingkat fleksibilitasnya. Untuk Bagian produksi, pembagian shift terkait erat dengan menambah jam kerja mesin. Biasanya terjadi saat Peak Seasion. Sedangkan untuk bagian Engineering, Pada umumnya mengikuti jadwal produksi, kecuali di bagian utility atau mesin-mesin yang akan membutuhkan waktu lama ( lebih dari 1 hari ) saat running awal, biasanya di setting 4 Grup 3 Shift. 
Semoga Bermanfaat & Terima Kasih


[1]Tayyari, F., and J.L., Smith, 1997, Occupational Ergonomics Principles and applications, T.J. Press Ltd, Great Britain, hal. 350
[2]Oxford University Press, 2005, Oxford Advanced  Learner’s Dictionary, United Kingdom, hal. 1400
[3] Bhattacharya  A.,and J.D. Glothlin, 1996,Occupational Ergonomics Theory and applications, Marcel Dekker, Inc. hal. 404
[4] Wijayanti, Sri Ramadhani. 2005. Shift Kerja dan Karakteristik Individu dengan Kinerja Perawat di Ruang ICU Rumah Sakit Haji Medan Tahun 2004 [Skripsi]. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.
[5]  Tayyari, F., and J.L., Smith, 1997, Occupational Ergonomics Principles and applications, T.J. Press Ltd, Great Britain, hal. 358-359

Jumat, 30 Maret 2012

KOMPETENSI (Competency)


Dalam  lingkungan Human Resources, “Kompetensi”  merupakan salah satu kata yang paling sering disebut. Sebelum kita berbicara lebih banyak lagi mengenai kata ini, saya akan awali dengan pertanyaan “ Apa pengertian Kompetensi ?”.
Berikut ini bebeapa pengertian dari Kompetensi.
1.    Kompetensi adalah suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi  atas ketrampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut .
2.   Kompetensi merupakan karakteristik individu yang mendasari kinerja atau perilaku ditempat kerja.
3.  Kompetensi merupakan landasan dasar karakteristik orang dan mengindikasikan cara berperilaku atau berpikir, menyamakan situasi, dan mendukung untuk periode waktu yang lama ( Spencer dan Spencer,1993:9 )
4.   Kompetensi sebagai kemampuan seseorang untuk menghasilkan pada tingkat memuaskan di tempat kerja.

Secara garis besar, Kompetensi  menjelaskan apa yang dilakukan orang di tempat kerja pada berbagai tingkatan dan memperinci standard masing – masing tingkatan, mengidentifikasi karakteristik pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan individual yang memungkinkan  menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif sehinggga  mencapai standard kualitas profesional dalam bekerja.
Karakteristik kompetensi
Terdapat 5 tipe karakteristik kompetensi :
1.  Motif adalah sesuatu yang secara konsisten dipikirkan atau diinginkan orang yang menyebabkan tindakan.
2.       Sifat adalah karakteristik fisik dan respons yang konsisten terhadap situasi  atau informasi.
3.       Konsep diri, adalah sikap, nilai-nilai atau citra diri seseorang
4.       Pengetahuan, adalah inforamsi yang dimiliki orang dalam bidang spesifik
5.       Ketrampilan, adalah kemampuan mengerjakan tugas fisik atau mental tertentu

Kategori  kompetensi
Michael Zwell (2005:25) mendefinisikan lima kategori kompetensi, yaitu ;
1.       Task Achievement
Merupakan kategori kompetensi yang berhubungan dengan kinerja yang baik.Kompetensi berkaitan dengan task achievement ditunjukkan oleh ; orientasi pada hasil, mengelola kinerja, mempengaruhi, inisiatif, efisiensi produksi, fleksibilitas, inovasi, peduli pada kualitas, perbaikan berkelanjutan, dan keahlian teknis.
2.       Relationship
Kategori kompetensi yang berhubungan dengan komunikasi, memiliki hubungan kerja yang baik dengan orang lain. Kompetensi ini meliputi; kerja sama, orientasi pada pelayanan, kepedulian antar pribadi, kecerdasan organisasional, membangun hubungan, penyelesaian konflik, perhatian pada komunikasi dan sensivitas lintas budaya.
3.       Personal Attribute
Kompetensi intrinsik individu  dan menghubungkan bagaimana orang berpikir, merasa, belajar, dan berkembang.  Kompetensi ini meliputi;  integritas dan kejujuran, pengembangan diri, ketegasan, kualitas keputusan, manajemen stress, berpikir analitis, dan berpikir konseptual.
4.       Managerial
Kompetensi  yang secara  spesifik berkaitan dengan pebelolaan , pengawasan, dan mengembangkan orang. Kompetensi manajerial berupa; memotivasi, memberdayakan/empowering, dan mengembangkan orang lain.
5.       Leadership
Kompetensi yang berhubugnan dengan memimpin organisasi dan orang untuk mencapai maksud, visi, dan tujuan organisasi. Kompetensi ini meliputi; Kepemimpinan visioner, berpikir strategis, orientasi kewirausahaan, manajemen perubahan, membangun komitmen organisasi, membangun fokus dan maksud, nilai-nilai.

Kondisi lingkungan bisnis menunjukkan adanya trend peniningkatan teknologi  dan terjadinya perubahan sosial. Sumber daya manusia perlu memahami kecenderungan organisasi multikultural dan keberagaman kultural. Keadaan tersebut membuat kompetensi sumber daya manusia semakin penting, baik bagi eksekutif, manajer, maupun pekerja ( Spencer dan Spencer, 1993:343)
1.       Kompetensi yang diperlukan oleh Eksekutif.
Strategic Thinking, Change Leadership, dan Relationship Management
2.       Kompetensi yang diperlukan oleh Manajer
Flexibilitas, Change Implementation ( implementasi perubahan ) , Entrepreneurial Inovation ( inovasi kewiraushaan ) , Interpersonal understanding ( memahami hubungan antar manusia ), Empowering ( memberdayakan ),  Team Facilitator ( memfasilitasi Tim ) , Portability (Kemudahan menyesuaikan)
3.       Kompetensi yang diperlukan oleh Pekerja
Fleksibilitas, Motivasi mencari informasi dan kemampuan belajar, Achievement motivation 9 motivasi berprestasi ), Work Motivation under time pressure ( motivasi kerja dalam tekanan waktu ), Collaborativeness ( kesediaan bekerja sama ), Customer Service orientation ( orientasi pada pelayanan pelanggan ).

Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi
Michael Zwell (2000:56-68) mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecakapan kompetensi seseorang.
1.       Keyakinan dan nilai-nilai
Keyakinan orang tentang dirinya maupun terhadap orang lain akan sangat mempengaruhi perilaku. Apabila orang  percaya bahwa mereka tidak kreatif dan inovatif, mereka tidak akan berusaha berpikir tentang cara baru atau berbeda dalam melakukan sesuatu. Untuk itu setiap orang harus berpikir positif tentang dirinya, maupun terhadap orang lain dan menunjukkan ciri orang yang berpikir ke depan.
2.       Keterampilan
Dengan memperbaiki ketrampilan, individu akan meningkat kecakapannya dalam kompetensi.
3.       Pengalaman
Keahlian dari banyak kompetensi memerlukan pengalaman. Diantaranya pengalaman dalam mengoragnisasi orang, komunikasi dihadapan kelompok, menyelesaikan masalah, dsb. Orang yang tidak pernah berhubungan dengan organisasi besar dan kompleks tidak mungkin mengembangkan kecerdasan organisasional untuk memahami dinamika kekuasaan dan pengaruh dalam lingkungan. Orang yang pekerjaannya memerlukan sedikit pemikiran strategis kurang mengembangkan kompetensi daripada mereka yang telah menggunakan penmikiran stragtegis bertahun-tahun.
4.       Karakteristik kepribadian
Kepribadian bukanlah sesuatu yang tidak dapat berubah. Kepribadian seseorang dapat berubah sepanjang waktu. Orang meresponse dan berinteraksi dengan kekuatan dan lingkungan sekitar. Walupun dapat berubah, kepribadian cenderung berubah dengan tidak mudah. Tidaklah bijaksana mengharapkan orang memperbaiki kompetensinya dengan mengubah kepribadiannya.
5.       Motivasi
Dengan memberikan dorongan, apresiasi terhadap pekerjaan bawahan, memberikan pengakuan dan perhatian individual dari atasan dapat memberikan pengaruh positiv terhadap motifasi seseorang bawahan.
6.       Isu Emosional
Hambatan emosional dapat membatasi penguasaan kompetensi. Misal, takut membuat kesalahan, menjadi malu, merasa tidak disukai atau tidak menjadi bagian, semubanya cenderung membatasi motivasi dan inisiatif.
7.       Kemampuan Intelektual
Kompetensi tergantung pada  pemikiran kognitif  seperti, pemikiran analitis, dan  pemikiran konseptual.
8.       Budaya  Organisasi
Bduaya organsiasi mempengaruhi kompetensi sumberdaya manusia dalam kegiatan sebagai berikut; 1) proses Recruitment  dan seleksi karyawan, 2) Sistem penghargaan, 3) Praktik pengambilan  Keputusan, 4) Filosofi organisasi ( misi-visi, dan nilai-nilai organisasi ), 5) Kebiasaan dan prsoedure, 6) Komitmen pada pelatihan dan pengembangan , 7) Proses Organisastional.

Mengatasi Hambatan Kompetensi
Michael Zwell (2000:309) menyebutkan adanya faktor-faktor yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki kompetensi, yaitu ;
1.       Admitting Incompetency  (Mengalami kekurangan Kompetensi )
Budaya yang berusaha selalu tampil baik dengan menutupi kekurangan dihadapan orang lain memiliki pengaruh terhadap terjadinya  kurangnya kompetensi ( incompetency ). Untuk itu, ada baiknya orang mengakui degnan terus terang akan kekurangan kompetensinya sehingga dapat dilakukan usaha untuk memperbaikinya.
2.       Raising Expectations ( Meningkatkan Harapan )
Manajer dalam melaukan peran coaching harus dapat  membantu orang lain untuk memperluas visi atas pekerjaan, sehingga mereka dapat memanfaatkan bakat, kemampuan, dan potensinya.
3.       Identifying Barriers ( Mengidentifikasi Hambatan )
Hambatan dapat dikategorikan dalam; 1) Pengetahuan, 2) Ketrampilan, 3) proses, 4) Emosional.
Hambatan pengetahuan terjadi ketika pekerja  tidak mempunyai keahlian tentang informasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan.
Hambatan Ketrampilan terjadi jika  pekerja  tahu bagaimana melakukan sesuatu, tetapi belum mengembangkan keterampilan untuk melakukannya dengan lebih baik, cepat, dan konsisten.
Hambatan proses terjadi ketika pekeraja tidak efektif dalam mengelola serangkaian tugas. Mereka mungkin  terampil, tapi kurang konsisten melakukannya dengan cara yang tepat.
Hambatan emosional berakar pada faktor psikologis. Pekerja takut konflik sedang lainnya tidak menetapkan tujuan menantang karena takut gagal. Sebagain lagi tidak bisa menerima kesalahan atau bertanggung jawab karena takut disalahkan.
4.       Including Support Mechanism ( Memasukkan Mekanisme Dukungan )
Mekanisme dukungan yang dapat dipergunakan organisasi dan pekerja untuk memastikan rencana kinerja pekerja adalah; 1) Mencatat kemajuan tujuan dan pelaksanaan, 2) Mengkomunikasikan kemajuan pada  orang lain, 3) Menggunakan penghargaan.

Semoga Bermanfaat & Terima kasih

Referensi :
Spencer, Lyle, M.Jr. dan Signe M.Spencer. 1993. Competence at Work. New York: John Wiley&Sons, Inc
Wibowo.2009. Manajemen Kinerja. Jakarta:Rajawali Pers
Zwell, Michael. 2000. Creating a Culture of Competence. New York: John Wiley & Sons, Inc

Live Chat Bisa Berbahaya


Live chatmerupakan cara berbicara secara online dengan menggunakan koneksi internet baik itu secara WiFi, modem flasdisk atau modem kabel. Namun hati –hati dalam menggunakan live chat karena live chat bisa menjadi tempat bagi para penipu.

Live chat berbahaya karena orang bisa menipu tanpa ketahuan biarpun wajahnya bisa dilihat. Untuk mencengahnya, seorang pengguna  harus cerdik dan ekstra hati –hati.
Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah:
live chat berbahaya
live chat berbahaya

  • Jangan langsung percaya dengan teman yang baru ketemu di live chat.
  • Tanya teman yang sudah berpengalaman di dunia live chat sebelum percaya.
  • Lakukan pengecekan secara mendetail baik secara online atau offline ketika menerima informasi sehingga informasi itu tidak salah.
  • Jangan memancing orang lain untuk menipu Anda.
  • Jangan langsung mengirim uang atau pulsa bila orang lain memintanya tanpa ada bukti orang tersebut bisa dipercaya.

Cara yang mudah kan? Selamat mencoba –hm-

Daftar Harga Toyota Alphard Maret 2012


Harga Toyotaterbaru untuk Alphard  yang dikeluarkan bulan Maret 2012 tidak berubah sama sekali dengan harga  Alphard yang dikeluarkan pada bulan Januari  2012. Namun untuk mengingatkan kembali para konsumer, di bawah ini terdapat daftar harga Alphard yang dikeluarkan oleh dealer resmi mobil Toyota.

Daftar harga Alphard Maret 2012:
3500 V Automatic = Rp 1.034.500.000
2400 G Automatic = Rp 800.000.000
2400 X Automatic = Rp 655.000.000

Harga ini berlaku sejak tanggal 1 Maret 2012 hingga ada perubahan selanjutnya. Berhubung daftar harga Toyota Alphard ini dikeluarkan oleh dealer resmi mobil Toyota Jakarta maka harga ini hanya berlaku untuk daerah Jakarta. –hm-

Harga Mobil Yaris Maret 2012


Harga mobilyaris terbaru untuk bulan maret 2012 tidak begitu banyak mengalami perubahan dari harga mobil yaris bulan januari 2012. Berikut daftar harga yaris terbaru:
  • 1500 S Limited Automatic TRD = Rp 246.450.000
  • 1500 S Limited Automatic = Rp 220.450.000
  • 1500 S Manual = Rp 204.150.000
  • 1500 E Automatic = Rp 204.150.000
  • 1500 E Manual = Rp 193.950.000
  • 1500 J Automatic = Rp 197.550.000
  • 1500 J Manual = Rp 187.350.000


Daftar harga ini dinyatakan berlaku sejak 1 maret 2012 oleh para dealer resmi mobil Toyota di kota Jakarta. Karena harga ini dikeluarkan oleh dealer resmi di Jakarta maka harga mobil ini hanya berlaku di daerah Jakarta. Daftar harga ini diharapkan bisa menjadi acuan saat mencari mobil Yaris. –hm-

Kebenaran Dari Salju Indonesia


Setelah diterbitkannya berita badai salju yang terjadi di Sumatra Barat, muncul juga berita yang membantah berita ini. Beberapa sumber mengatkan bahwa yang terjadi bukanlah badai salju tapi hanya hujan lebat yang disertai angin kencang.

Salah satu sumber yang bisa dipercaya adalah Bapak Muaro Sijunjung. Beliau adalah kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sijunjung. Beliau mengatakan “Tidak benar adanya badai salju, hanya hujan lebat dan angin kencang yang melanda Sijunjung Rabu malam yang menyebabkan delapan bangunan rusak”.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya 3 rumah yang mengalami rusak berat dan 5 bangunan rusak ringan. Puing –puing rumah yang rusak sudah dibereskan oleh para petugas BPBD. Kegiatan memberishkan ini sudah dilakukan sejak hujan dan angin redah.

Selain anggota BPBD, salah satu penduduk Sijunjung yang bernama Ardi pun membenarkan penyataan Bapak Muaro Sijunjung bahwa tidak ada badai salju hanya badai biasa.

Jadi tidak perlu beli baju wanita atau pria yang tebal karena ternyata berita salju turun di Indonesia ternyata salah. Namun tidak ada salahnya berjaga - jaga

Sejarah Game Online MMORPG


Game onlineMMORPG adalah game yang menggunakan sistem ‘Massively Multiplayer Online Role-Playing Game’ atau memainkan game bersama ribuan pemain lainnya. Game online ini dimainkan dengan komputer atau laptop.

Game online bergenre MMORPG memiliki pengemar yang sangat banyak banyak. Sebenarnya kapan game bergenre ini diciptakan? Siapa pencetusnya? Artikel ini muncul untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Artikel ini akan membahas sejarah MMORPG secara singkat dengan sumber Wikipedia dan perusahan game online.

Istilah MMORPG pertama kali dibuat oleh Richard Garriott. Richard menggunakan istilah MMORPG ketika dia meluncurkan gamenya yang berjudul  ‘Ultima Online’ pada tahun 1997. Padahal sebelum Richard mencetuskan istilah ini, game pertualangan online yang dimainkan oleh banyak orang biasanya disebut dengan MUD. Ketika membicarakan sejarah game online MMORPG, kita tidak boleh merupkan MUD karena cikal bakal MMORPG adalah game MUD seperti Mazewar (1974) dan MUD1 (1978).

Tidak lama kemudian, terciptalah sistem ‘Sierra Network’ yang dikembankan oleh Sierra On-Line pada tahun 1989 yang merupakan sistem pemainan masal game online yang pertama di Amerika. Game online yang menggunakan sistem ini sangat beragam. Game online pertama yang menggunakan grafis canggih dengan sistem pemainan masa dan bergenre RPG adalah ‘Neverwinter Nights’ yang dikeluarkan pada tahun 1991 secara online oleh AOL. Setelahnya muncullah game ‘The Shadow of Yserbius’ (1992), ‘The Fates of Twinion’ (1993) dan ‘ The Ruins of Cawdor’ (1995) sebagai generasi game online masal RPG.

Contoh Game Online MMORPG
Contoh Game Online MMORPG
Game online MMORPG yang dikenal sekarang dimulai sejak tahun 1996. Dimana tahun ini, game online yang terkenal adalah ‘Meridian 59’. Game ini menyuguhkan 3-D karakter yang terlihat lebih hidup. 3-D karakter sudah banyak digunakan pada Game online MMORPG sekarang.

Meskipun ‘Meridian 59’ merupakan pencetus game online MMORPG dengan kualitas modern yang kita kenal sekarang, banyak orang menganggap ‘Ultima Online’ (1997) sebagai game pertama yang mempopulerkan genre ini karena game ‘Ultima Online’ lebih terkenal.

Sejarah yang singkat namun padat tentang game online MMORPG. Salam para pencinta game –hm-

Kamis, 29 Maret 2012

Daftar Perusahaan Game Online


Game online di Indonesia semakin meningkat jumlahnya setiap tahunnya. Satu tahun sekali selalu ada game online baru yang masuk ke Indonesia.  Meningkatnya jumlah game ini di Indonesia tidak lepas dari campur tangan perusahaan – perusahaan game online Indonesia seperti:
  • Digicash
  • Gemscool
  • IanGames
  • Lyto Indonesia
  • Main games
  • Megaxus
  • Mobius
  • Prodigy
  • SpeedSoft
  • Wave Game
  • VTC

Bila gamenya yang diinginkan berasal dari luar negeri, para perusahaan ini membeli nama dan fitur – fitur yang diberikan kemudia bahasa inggris yang ada didalam fitur- fitur tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia agar para pencinta game bisa memahami game yang mereka mainakan.

Setiap perusahan game online Indonesia ini juga menerbitkan voucher game untuk game online yang berada dinaungan mereka. Beberapa voucher game memiliki nama masing - masing. Berikut daftar voucher pra bayar beserta perusahaannya:
Lyto Game Online
Lyto Game Online
  • Game-on = Lyto Indonesia
  • Mi-cash =megaxus
  • Play on = Mobius
  • Wave point=  Wave game

Semoga berguna untuk para pemula–hm-

Kotak Kemasan Yang Unik


Kotak kemasanmerupakan salah satu tool (alat) untuk mempromosikan sebuah produk. Dengan tujuan seperti itu, para pengusaha mendesain semenarik mungkin kemasana mereka. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah kemasan yang menarik adalah:
Kotak Kemasan Parfum
Kotak Kemasan Parfum

  • Bentuk kemasan yang unik. Beberapa merek menggunakan kotak kemasan yang memiliki bentuk yang sangat unik. Contoh yang paling gampang adalah kotak kemasan parfum untuk parfum ‘Lolita Lempicka For Men Limited Edition’.
  • Gambar yang unik pun bisa menjadi senjata membuat sebuah kotak kemasana yang menarik walaupun bentuknya sama seperti produk lainnya. Salah satu contoh produk dari luar negeri yang menggunakan cara ini adalah ‘Tesco Tortilla Chips’.
  • Permainan warna pun bisa menjadi kunci dalam membuat sebuah kotak kemasan yang unik seperti yang sudah dilakukan ‘ Tencha – Premium Ice Tea’.
  • Penambahan elemen yang tidak biasa seperti kayu dan besi akan menambah keunikan sebuah kotak kemasan. Hal ini pernah dilakukan oleh parfum ‘Wood’ yang dibuat oleh Dsquared2.

Setelah melihat contoh diatas, pastinya sudah banyak ide untuk kotak kemasan yang akan dibuat. Selamat mencoba, karena kreatifitas tidak pernah ada batasnya –hm-

RESTAURANT UNIK DI DUNIA

1. Restaurant in the Sky ( BELGIUM )
"Dinner in the Sky" adalah salah satu restoran di Brussels yang menyediakan tempat makan untuk 22 orang, tentu saja di ketinggian 150 kaki! Tempat makan di desain khusus untuk bisa diangkat menggunakan crane. Pengunjung bebas menentukan lokasi ketinggian yg diminati, asal jangan sampai menjatuhkan garpu dan pisau. Datang kesini sambil menyanyikan lagu ' R Kelly - I BELIEVE I CAN FLY'.

2. Restaurant Kuburan ( INDIA )
Restoran yang terletak di Ahmadabad India ini terkenal dengan menu teh susu, roti gulung dan kuburan di antara meja. Pemilik restoran mengaku telah membuka restoran ini turun temurun selama 4 dekade, tapi tidak tahu siapa jenazah yg terkubur di bawah kuburan ini.

3. Dark Restaurant ( CHINA )
Restoran kegelapan terletak di Beijing China. Semua desain restoran benar2 berwarna hitam. Pengunjung yang datang akan di antar oleh pelayan yg sudah dilengkapi dengan teropong malam ke meja makan. Senter, HP, arloji dilarang di area ini. Karena tidak bisa melihat makanan yg disantap, pengunjung benar2 merasakan makanan yg tidak pernah dimakan sebelumnya di restoran ini.

4. Restaurant di Penjara ( ITALY )
Restoran ini terletak di tempat paling paling aman, yaitu penjara Fortezza Medicea di Italy. Dekorasi restoran ini adalah penjara tempat pembunuhan yang dilengkapi dengan tembok setinggi 60kaki, menara pengawas, security kamera yang telah beroperasi selama 500 tahun. Selain itu, tempat ini dilengkapi juga dengan penjaga penjara dengan senjata lengkap, yang uniknya adalah pelayannya adalah tahanan di penjara tersebut.

5. Medical Restaurant ( TAIPEI )
D.S Music Restaurant di Taipei, Taiwan adalah restaurant dengan nuansa media. Dekorasi ruangan seperti rumah sakit, pelayanannya berpakaian seperti perawat, dan botol minumnya juga dikemas dalam botol infus.

6. Toilet Restaurant ( TAIWAN )
Marton Theme Restaurant, di Kaohsiung (Taiwan) menyediakan nuansa TOILET bagi pelanggannya. Dekorasi ruangan, kursi dan tempat makan yg digunakan persis seperti di toilet. Meja dibuat seperti bathtub, dan makanan yg disediakan diletakkan di piring dan mangkuk yg didesain seperti toilet duduk. Makanan yg disajikan di sini tidak hanya enak, tapi juga memberikan sensasi sendiri bagi pengunjungnya.

7. Restaurant bawah laut ( MALDIVES )
Restoran bawah laut pertama diperkenalkan di Hilton Maldives Resort & Spa, April 2007. Restoran bernama Ithaa ("eet-ha", artinya "pearl" dalam bahasa Maldives, Dhivehi) berada 5 meter di bawah Samudra Hindia yang dikelilingi oleh coral dan panorama bawah laut. Ini adalah restoran pertama untuk kategori bawah laut.

8. Condom Restaurant ( THAILAND )
"Cabbages and Condoms" adalah nama restaurant di Thailand. Ada banyak kondom di dinding2 dan lukisan kondom di karpet. Setelah makan, pengunjung akan diberi kondom di meja kasir. Keuntungan dari restaurant ini digunakan untuk mendukung yayasan Population and Community Development Association (PDA).

9. Robot Kitchen di Hongkong
Restoran ini buka sepanjang hari selama 21 jam tanpa mengenal lelah. Pengelola restoran juga sekilas terlihat sama, namun ini adalah pasangan suami istri kembar identik! Orang2 sekitar menyebutnya "robot couple restaurant" karena mereka melihat orang yg sama bekerja seperti robot dalam menjalankan restoran dari jam 5 pagi sampai jam 3 dini hari.

10. Photosbeer spa di Rep.Ceko
Gunung Bahenec Wellness Hotel terletak di daerah Slezské Beskydy, di kota Pisek Jablunkova, sangat dekat dengan sempadan Poland. Semua prosedur, yang juga termasuk Sauna Finland dan, selepas mandi bir, relaksasi di tempat tidur dari jerami gandum, memakan masa sekitar dua jam. The Bier Bottich Bad (BBB, Bir tab mandi) resep dikandung oleh Hedwig Hotelier Austria Bauer dan merupakan rahsia yang terpelihara.