Kamis, 12 Januari 2012

Program Merupakan Otak Komputer


Program Komputer

Program  merupakan kata yang terdiri  dari dua suku kata dan  kata yang sering digunakan dalam dunia komputer. Biasa orang akan hanya menyebutnya program komputer  karena komputer dan laptop mengunakan program yang sama. Selain kata program, kata software merupakan salah satu istilah yang sering digunakan untuk mengganti kata program. Dua kata ini terlihat berbeda namun mereka berdua sebenarnya adalah sinonim untuk satu sama lainnya. Jadi sebenarnya sama saja bila seseorang menyebut software kasir dengan program kasir.

Program atau software sangat dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer atau laptop. Mereka bagaikan otak dari sebuah komputer. Mungkin beberapa orang memiliki pertanyaan seperti ini, “Bukankah motherboard yang menjadi otak dari sebuah komputer?” Ya, motherboard merupakan otak tapi otak ini memerlukan program agar dia bisa berjalan. Siapa yang bisa menjalankan komputer bila tidak di install program motherboard dan windownnya? Jawabnya tentu saja tidak ada.  Sehingga boleh dibilang program adalah alat untuk menghidupkan komputer atau membuat komputer berfungsi semestinya sesuai fungsi dia diciptakan.

Biarpun komputer sudah hidup dan berjalan dengan program-program pendukungnya, manusia tidak akan pernah puas. Seiring berjalannya waktu, program yang ditambahkan ke dalam komputer akan semakin banyak. Program yang ditambahkan berbeda-beda karena disesuaikan dengan kebutuhan pemakainnya. Dari semua program yang tersebar di dunia, hanya beberapa program yang pasti ditambahkan dan sama di setiap komputer, yaitu:
  • Browser (Mozila, Chrome, Opera atau Internet Explorer)
  • Yahoo Messenger
  • Microsoft (minimal Word, Power Point dan Excel)
  • Media player (Winamp, Realplayer atau Window Media Player)
  • Anti virus (Avira, Avast, Smadav, AVG atau Kaspersky)
  • Adobe (Reader dan Flash)

Berani bilang tidak? Karena 6 program di atas adalah program yang harus ada untuk menlindungi  komputer dari serangan dan menghibur penguna komputer tersebut. Semoga berguna –hm-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar