Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Mudik Lebaran Hari Raya Iedul Fitri 1432H/2011M dan Nomor Telepon Penting Untuk Mudik (ala Dunia Virtual)



Ingin lebih percaya diri saat melakukan perjalanan mudik? Jika mendengar kata mudik pasti identik dengan hari raya lebaran. Mudik merupakan salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia yang biasanya dilakukan menjelang hari raya lebaran.

Mudik atau pulang kampung bukanlah beban yang berat bagi orang yang kampung halamannya dekat, tapi bagaimana dengan orang yang kampung halamannya jauh dan harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari? Terlebih jika mereka melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Demi menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik, selain mempersiapkan kondisi fisik, Anda juga wajib mempersiapkan kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik dan pastikan bahwa kendaraan Anda sudah siap "tempur"!


Sehubungan dengan mudik lebaran yang akan dilakukan dalam waktu dekat, Dunia Virtual ingin berbagi Tips Mudik Lebaran agar perjalanan mudik Anda lebih aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

Tips Mudik Lebaran Dunia Virtual:


  • Periksalah kembali kondisi kendaraan Anda, dengan cara:


- Lakukan tune-up secara menyeluruh
- Mengganti oli mesin yang berkualitas agar mesin lebih prima
- Mengganti oli transmisi agar performa sistem transmisi sempurna
- Pastikan sistem pengereman dapat bekerja dengan sempurna
- Pastikan air aki cukup agar sel-sel kendaraan dapat menyimpan listrik lebih baik
- Periksalah tekanan ban
- Periksalah lampu dekat, lampu jauh, lampu sen, dan lampu hazard.

Dalam melakukan pemeriksaan kendaraan sebaiknya serahkan pada bengkel resmi yang terpercaya.

  • Ini adalah point TERPENTING yang harus Anda persiapkan dengan baik! Jangan lupa untuk membawa perlengkapan - perlengkapan standard, seperti ; tools kit, dongkrak, ban serep, kotak P3K, segi 3 pengaman, kunci roda, senter, pompa electric yang bisa disambungkan ke colokan listrik, ember dan beberapa air dalam botol kemasan 1 liter jikalau terdapat permasalahan pada radiator mobil Anda. Dengan perlengkapan tersebut, Anda dapat memberikan penanganan secara langsung apabila mobil Anda tiba-tiba bermasalah.




  • Cek kondisi tubuh Anda seberapa kuat Anda mengemudi.


Kalau tidak yakin untuk mengemudi perjalanan jarak jauh, sebaiknya gunakan jasa supir profesional, atau anggota keluarga / kerabat yang bisa mengemudi.
Istirahatlah beberapa saat apabila Anda lelah dalam mengemudi. Carilah tempat-tempat dipinggir jalan yang bisa disinggahi untuk melepaskan penat dan rasa lelah Anda.


  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal. 


Lebih baik membawa bekal makanan yang terjamin gizi dan kebersihannya. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin untuk mendukung tubuh agar lebih vit.
Atur tumpukan barang mulai dari yang paling tidak diperlukan ketika Anda berada di jalan sampai yang sewaktu-waktu diperlukan di jalan. Sehingga ketika Anda membutuhkan barang tersebut tidak lagi sulit dicari.


  • Pelajari rute perjalanan Anda dengan baik sehingga Anda tidak akan salah jalan pada saat mudik. 


Jika perlu pelajari juga rute alternatif untuk menghindari kemacetan. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yaitu dengan melakukan pencarian rute perjalanan Anda melalui google.


  • Pastikan Handphone Anda dalam kondisi full charge. 


Bila perlu bawalah baterai cadangan sehingga memungkinkan Anda untuk mengganti dengan baterai yang lama. Bila dianggap perlu membeli kartu perdana dari provider lain yang jaringan sinyalnya lebih kuat, hal tersebut juga dapat Anda lakukan sehingga selalu mendapat sinyal dimanapun berada.


  • Catatlah nomor telepon yang Anda anggap penting,seperti: nomor telepon polisi maupun posko-posko yang menyediakan bantuan darurat bagi para pemudik. 

  • Pastikan Anda pamit dengan orang-orang di lingkungan rumah seperti: RT,Satpam, maupun tetangga rumah Anda sehingga mereka mengetahui bahwa Anda mudik dan mereka bisa membantu Anda dalam mengawasi rumah Anda. Jika perlu, tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

  • Pilih waktu berangkat sesuai kebiasan Anda menyetir atau kebiasaan supir menyetir. 


Berangkat pagi dapat menikmati perjalanan, tetapi lambat karena kemungkinan macet lebih besar. Sedangkan berangkat pada malam hari cenderung lebih cepat tetapi berbahaya jika Anda mengantuk.

  • Bawalah ID Card Anda seprti: KTP, SIM, STNK yang berlaku.

  • Bagi yang membawa anak kecil, pastikan semua keperluan dan kebiasaan sang anak sudah terangkut dengan baik. Hal tersebut penting guna mengatasi kerewelan mereka pada saat melakukan perjalanan panjang.

  • Jangan Lupa berdoa sebelum berangkat dan sebaiknya hindari kebut-kebutan yang tidak perlu.

  • Sebagai informasi penting lainnya yang perlu Anda catat sebagai pelengkap perbekalan mudik Anda adalah beberapa NOMOR TELEPON PENTING dan provider yang menyediakan info mudik secara lengkap, seperti info jadwal sholat sesuai lokasi, jalan alternatif, info titik kemacetan, lokasi ATM, rumah makan, bank, Pom Bensin, kantor polisi, rumah sakit, dsb. Berikut daftarnya:


Info mudik Telkomsel : *123*1# atau *123*321# untuk mengakses peta siaga Telkomsel
Info mudik Indosat : *123*2*5#
Info mudik XL : *123*2011
Info mudik Telkom Flexi : *911
Info mudik Esia : *999*1#
Penerangan : 108/ 109 (Gunakan kode area untuk pencarian, misal: ingin mencari nomor telepon Rumah Sakit di Bandung, maka gunakan kode area 022 lalu diikuti 108/109)
No Emergency Polda Metro Jaya : 110/ 112
Ambulance : 118


Cabang-cabang PT JASA MARGA yang telah berlaku Derek "Gratis" :
1. Cabang Jakarta - Cikampek. telp (021) 8226666
2. Cabang Jagorawi. telp (021) 9177777
3. Cabang Jakarta - Tangerang. telp (021) 9199999
4. Cabang Cawang - Tomang - Cengkareng. telp (021) 8011735
5. Cabang Surabaya - Gempol. (031) 5672008
6. Cabang Semarang. telp (024) 7607777
7. Cabang Purbaleunyi. telp (022) 2021666


Semoga tips mudik dan info nomor telepon yang kami informasikan dapat bermanfaat bagi Anda sekeluarga dan bisa sampai di tujuan masing-masing dengan selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar