Selasa, 20 September 2011

Facebook Meniru Google Plus & Twitter

Hari Selasa kemarin (23/8) melalui blog resminya, Facebook mengumumkan beberapa perubahan dalam fitur content sharing. Fokus mereka kali ini adalah mengontrol siapa saja yang bisa melihat profil dan konten milik Anda.

Tinjau Kembali Foto dan Post Dari Teman Yang Men-tag Anda

Jika biasanya teman Anda dapat langsung men-tag Anda dalam foto atau post mereka secara otomatis, kali ini Anda dapat meninjau kembali apakah Anda benar-benar ingin menampilkan foto atau post dari teman Anda tersebut.

undefined

Fitur ini sebenarnya sudah banyak dinantikan oleh para pengguna Facebook, karena banyak dari mereka yang merasa dipermalukan oleh temannya yang sering memasang foto-foto yang menurut mereka tidak layak dipasang di Facebook.

undefined

Pilih Dengan Siapa Anda Ingin Berbagi Profil dan Konten

Sepintas fitur ini sangat mirip dengan fitur pada profil di Google Plus. Sekarang Anda dapat memilih dan menentukan siapa saja yang dapat melihat konten-konten tertentu dalam profil Anda, misalnya Anda ingin berbagi tempat tinggal Anda dengan teman, sementara Anda ingin nomor telepon Anda hanya bisa dilihat oleh anggota keluarga saja.

undefined

Selain konten dalam profil, Anda dapat juga mengontrol siapa saja yang dapat melihat konten yang Anda bagikan di Wall Anda.

undefined

Koreksi Post Anda

Jika tiba-tiba Anda ingin membatasi siapa saja yang boleh melihat konten yang baru Anda bagikan, Anda dapat langsung menggantinya setelah Anda membagi konten tersebut.



Seperti Apakah Profil Anda di Mata Pengguna Lain?

Jika selama ini Anda penasaran seperti apa profil Anda jika dilihat pengguna lain, sekarang Anda dapat menggunakan fitur “View Profile As…” untuk melihat profil Anda sebagai pengguna lain.




Tag Siapa Saja Yang Ada di Facebook

Selama ini Anda hanya dapat men-tag pengguna yang sudah menjadi teman Anda di Facebook. Kali ini Anda dapat men-tag siapa pun di Facebook. Namun nama mereka baru muncul di tag tersebut bila mereka menyetujuinya.

Tambahan Pilihan Saat Menghapus Tag dalam Foto atau Post

Kali ini Anda dapat memilih untuk menghapus tag tersebut dari profil Anda, mengirim pesan kepada pemilik foto atau teman yang men-tag Anda atau meminta untuk menghapus konten tersebut.

undefined

Perubahan ini sudah dimulai dalam beberapa hari ini. Perubahan dalam content sharing ini dianggap sangat mirip dengan Google Plus, terutama dengan fitur Circles. Banyak para pengguna yang menganggap Facebook seperti ‘kebakaran jenggot’ dan mereka merasa kecewa karena sebenarnya fitur ini sudah diinginkan oleh mereka sejak lama, namun baru dimunculkan setelah adanya pesaing kuat seperti Google Plus.

Berhasilkah Facebook meredam pesona fitur Circles yang menjadi andalan Google Plus? Apakah mungkin Google Plus akan merasa terancam dengan fitur-fitur terbaru milik Facebook ini?

Fitur Baru Facebook Yang Dianggap Mirip Fitur Twitter


Apakah Anda sudah bosan melihat news feed yang dipenuhi dengan post berisi games dan aplikasi? Jika jawaban Anda adalah ya, fitur terbaru Facebook yang dinamakan “Subscribe” akan membantu Anda untuk menghilangkan post-post yang tidak Anda inginkan di news feed Anda.

Seperti dikutip dari All Facebook*, dengan fitur “Subscribe” ini Anda dapat mengatur post apa saja yang ingin Anda lihat di news feed Anda. Fitur ini tidak hanya berlaku pada akun teman-teman Anda saja, tetapi juga pada akun orang lain yang belum berteman dengan Anda. Namun bukan berarti Anda dapat men-subscribe secara diam-diam, karena orang yang Anda subscribe akan menerima notifikasi begitu Anda mulai men-subscribe ke akunnya.

Berikut penjelasan fitur “Subscribe” secara singkat:

  • Anda dapat memilih jenis post yang ingin Anda lihat di news feed Anda, misalnya status update, foto, video, aplikasi dan games.
  • Anda dapat melihat post dari orang lain yang belum menjadi teman Anda.
  • Orang lain dapat melihat post dari Anda, meskipun Anda belum berteman dengannya.

Tombol “Subscribe” ini akan muncul di halaman akun setiap pengguna. Jika Anda meng-klik tombol tersebut, akan muncul 3 pilihan:

  1. All updates: Anda akan menerima semua update yang di-post oleh akun tersebut.
  2. Most updates: Jumlah update yang diterima sama seperti jumlah update yang sekarang ini.
  3. Important updates only: Anda hanya akan melihat berita-berita penting saja, seperti pindah rumah, ganti pekerjaan, menikah, melahirkan, dll.

Apabila nanti akun Anda sudah siap untuk menikmati fitur ini, Facebook akan menyarankan beberapa orang untuk Anda subscribe berdasarkan tingkat interaksi Anda dengan mereka.

undefined

Setelah fitur terakhir Facebook yang dinamakan “Smart List” dianggap menyerupai fitur Circles milik Google+, beberapa orang juga menganggap fitur “Subscribe” ini sangat mirip dengan konsep “following” milik Twitter. Pembuatan fitur Subscribe oleh Facebook ini langkah yang agak aneh mengingat FB sudah membuat fitur privasi serumit demikian, namun ternyata justru membuat fitur baru spt ini. Bagi yg membuat setingan privasi tinggi, fitur Subscribe ini mungkin kurang berguna.. Bagaimana menurut Anda?


*) Allfacebook: http://www.allfacebook.com/facebook-subscribe-nonfriend-2011-09



Source: SosMed Sidomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar