Senin, 14 November 2011

Kenali Tumpeng Lebih Jauh


Seputar info catering murah. makanan yang selalu ada saat perayaan dan syukuran selain nasi box adalah tumpeng. Nasi tumpeng adalah nasi yang berbentuk kerucut, disajikan dinampang dengan beralaskan daun pisang dan di kelilingi lauk pauk. Nasi tumpeng selalu hadir di setiap acara syukuran dan selamatan. Hal ini sudah menjadi tradisi di negara Indonesia.

Tradisi ini berasal dari masyarakat purba Jawa yang sudah dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu. Mereka membuat nasi tumpeng kerucut agar menyerupai gunung Mahameru yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa.  Namun tradisi ini juga dianut ketika Islam memasuki Indonesia karena nasi tumpeng memiliki nilai yang sama dengan ajaran mereka.

Fakta Nasi Tumpeng:
-       Nasi Tumpeng zaman dulu berwarna putih
-       Tumpeng memiliki berbagai jenis seperti : Tumpeng Robyong, Nujuh Bulan, Pungkur, Putih, Nasi Kuning, Uduk dan Seremonial/Modifikasi
-       Setiap jenis tumpeng memiliki makna tersendiri (akan dijelaskan lebih lanjut di artikel selanjutnya)
-       Alas daun berasal dari daun pisang batu
-       Lauk pauk dalam tumpeng tradisional terdiri dari: hewan darat (ayam/sapi), hewan laut (ikan lele, bandeng / rempeyek teri) dan sayur mayur (kangkung, bayam / kacang panjang)
-       Tidak ada peraturan untuk lauk pauk tumpeng modern tapi biasanya selalu ada: perkedel, abon, telur dadar/goreng, timun dan tempe kering.
-       Menu ikan sering digantikan dengan udang untuk tumpeng modern
-       Tumpeng bisa dihadirkan dalam menu pernikahan (beberapa catering pernikahan menyediakan menu ini)
Sampai ketemu lagi di info lainnya. –hm-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar