Senin, 06 Juni 2011

Lakukan Riset Pasar Jika Ingin Menjual PRODUK di Internet

ketika saya membuka konsultasi via YM, ada pertanyaan
yang saya terima seperti ini,

Saya di tanya,"Pak, kalo saya sudah dapat ide, atau hobi atau keahlian yang mau saya jual, kemudian untuk melihat apa ada orang yang mau membelinya, gimana ya?".

Ok, itu adalah pertanyaan penting. Karena jika ingin menjual tentunya kita harus tahu apakah produk kita itu akan banyak dicari oleh orang atau tidak.
Nah ini polanya. Harap Anda catat baik-baik ya...

Untuk mengetahui apakah sebuah ide itu layak untuk di jual adalah
dengan melihat besarnya pencarian dari sebuah kata kunci produk Anda di internet.

Jadi internet itu bisa memberikan Anda data yang akurat untuk melihat
seberapa banyak jumlah orang yang menyukai satu topik tertentu.

Anda sendiri tahu kan, internet itu adalah gudang informasi.
Ada jutaan orang yang setiap hari browsing di internet hanya untuk
mencari informasi yang bisa memecahkan masalah mereka.

Misalnya, contoh saja, Anda punya ide tentang sebuah les/kursus online tentang gitar.

Nah, sebelum Anda terlibat jauh dengan segala macam penyusunan materi, lebih baik Anda melihat seberapa besar peminat/pasar yang mencari akan masalah kursus gitar.
Ini penting karena dengan Anda tahu berapa jumlah orang yang mencari ide Anda, maka tingkat prosentasi terjadinya penjualan pun akan semakin besar.

Coba Anda buka situs google keyword tool berikut ini

Ini adalah sebuah TOOLS yang bisa membantu Anda untuk melihat
tentang kebutuhan pasar di internet, Anda bisa memperkirakan apakah
IDE bisnis Anda banyak yang mencari atau tidak

Kemudian ketikan kata kunci, misalnya : gitar atau apa saja sesuai dengan ide dan minat dari Septian sendiri

Kemudian Anda akan mengetahui tingkat keberhasilan dari produk
dan sasaran market Anda tersebut.

Jadi misalnya suatu hari, Anda mau menciptakan produk informasi.
Gampang, misalnya saja, Anda sudah dapat ide tentang Soccer,
TERUS caranya kita harus LIHAT TINGKAT PERMINTAAN TENTANG SEGALA SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN SOCCER, caranya :

Buka situs 
google keyword tool 

Isi di kotak dengan mengetik aja kata "soccer"
selanjutnya, ROBOT akan memberitahu Anda seberapa banyak orang
yang mencari SEGALA SESUATU YANG BERHUBUNGAN dengan
kata kunci "soccer"

Dan wussh ..!
Anda akan melihat seberapa banyak pasar/prospek yang mencari
kategori "soccer".

Nah, setelah Anda tahu, Septian bisa mencari hal yang
spesifik dari kategori soccer tersebut.

Misalnya Anda bertanya, "Gm, apa sih masalah yang dihadapi
oleh orang?"

Wah, bagus juga jika Anda berpikir demikian.

Saya tahu maksud Anda, jika Anda sudah tahu masalah orang,
berarti Anda bisa mencari solusinya bukan?
Buka situs google keyword tool 
 
Kemudian ketikkan kata "problem"
Dan wush, Anda akan melihat sedemikian banyak kategori untuk kata "problem".

Anda bisa melihat jumlah orang yang membutuhkan solusi akan masalahnya.
Nah, sekarang silahkan Anda melihat video yang sudah saya siapkan untuk Anda pelajari tentang penggunaan google keyword tool diatas.
 
Klik halaman ini untuk melihat videonya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar