Jumat, 22 Juli 2011

Tips dan Trik Menambah Kecepatan Akses Internet

Ada beberapa cara untuk mempercepat internet. Anda bisa mencari tips dan trik lainnya di internet, tetapi untuk tutorial di sini, sangat terbukti meningkatkan performa akses internet.

Cara mempercepat akses internet yang pertama yaitu dengan mengubah bandwidth pada Windows :

1. Start –> Run
2. Ketikkan “gpedit.msc” –> OK
3. Pada Computer Configuration, pilih Administrative Templates
4. Klik Network –> QoS Packet Scheduler
5. Pada window sebelah kanan, double klik limit reservable bandwidth
6. Ubah setting menjadi enabled
7. Ubah bandwidth limit (%) menjadi 0 (nol)
8. OK

Setelah itu, Anda Restar komputer anda kembali. Setelah hidup, langsusng akses internet dan kita masuk ke tutorial/ cara yang ke-2.

Cara yang ke-2: Temukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet

Untuk tutorial ini saya dapat dari blog FastnCheap. Bagi yang belum tahu, penjelasan singkatnya DNS atau DNS server adalah server yang bertugas menerjemahkan nama domain ke alamat IP (IP address) sebelum ditelusuri lebih lanjut.


Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Image

Jadi, cara singkat kerjanya, komputer kita berkomunikasi dengan internet menggunakan alamat IP, jadi ketika kita mengetikkan facebook.com misalnya, komputer kita akan menanyakan ke DNS , apa alamat IP dari facebook.com, kemudian setelah dibalas oleh DNS server dengan alamat IP yang bersangkutan, komputer akan mencari alamat tersebut melalui ISP (Internet Service Provide) kita seperti speedy, fastnet dan sebagainya.


Nah, setiap kita tersambung ke Internet, entah itu di kantor, rumah atau hotspot di kampus atau mall, pasti alamat DNS ini sudah ada secara otomatis (default). Yang akan kita lakukan disini adalah menemukan dan mengubah alamat DNS (yang juga berupa IP) atau biasa disebut custom DNS. Tujuan menggunakan custom DNS ini bermacam-macam diantaranya untuk memperbaiki kecepatan ber-Internet-ria.


Kecepatan kita saat koneksi ke Internet juga tergantung seberapa cepat DNS server dapat melayani permintaan kita untuk menerjemahkan nama domain (contohnya facebook.com) ke alamat IP yang bersangkutan. Biasanya ini sangat cepat, tapi karena DNS adalah server, kinerjanya juga tergantung kapasitas server tersebut (CPU, memory) dan juga jumlah layanan yang bisa dilayani sekaligus. Misalnya ketika permintaan melebihi kapasitas server DNS, maka yang akan terjadi adalah lambat atau malah keluar notifikasi error di browser kita.


Jika anda menginginkan tambahan kecepatan koneksi InternetGoogle Public DNS adalah salah satu pilihannya.  Alamat IP Google Public DNS adalah :8.8.8.8 / 8.8.4.4  (DNS Primary / Secondary).
Jika anda ingin lebih yakin lagi dan ingin lebih banyak alternatif  DNS yang dapat meningkatkan kecepatan internet anda, anda bisa menggunakan NameBench. Aplikasi ini akan menguji koneksi Internet Anda dengan menggunakan beberapa DNS server kemudian akan merekomendasikan DNS alternatif sesuai kecepatan dan kedekatannya.  Cara menggunakannya:

  • setelah didownload (silahkan pilih download sesuai Sistem Operasi anda di halaman kanan atas website Namebench), jalankan aplikasi seperti gambar dibawah :

    Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Image

  • Langsung klik “Start Benchmark” .
  • Setelah melakukan pengujian atau benchmarking selama sekitar 6-10 menit, maka hasilnya akan ditampilkan di browser. Berikut adalah contoh hasil pengujian Namebench pada koneksi speedy yang saya pakai :

    Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Image

Ya, pada hasil tersebut Google Public DNS mendapatkan hasil rekomendasi terbaik dengan kemungkinan menambah kecepatan sebesar 28%. Namun hasil tersebut akan berbeda beda sesuai layanan Internet yang anda pakai. Selain itu Namebench juga memberikan alternatif Secondary (pada contoh diatas CepatNet-2 ID / 202.43.178.245) dan Tertiary Server (pada contoh diatas Telekomspeedy Jakarta-4 ID /202.134.0.61 ). Jadi ternyata DNS Telkomspeedy sendiri berada di urutan ketiga berdasarkan kecepatan dan kedekatan dengan koneksi Internet kita.


Setelah menemukan alamat DNS server yang cocok , anda tinggal mengubah setting DNS di komputer.
Sebagai tambahan, selain alasan kecepatan, ada 2 alasan utama lain pengguna menggunakan custom DNS.
Yang pertama adalah alasan keamanan. Untuk hal ini pengguna mengiginkan DNS yang juga mempunyai kemampuan mendeteksi alamat-alamat website yang punya potensi berbahaya seperti phising, malware Custom DNS yang jadi favorit pengguna diantaranya adalah  Sunbelt ClearCloud dengan alamat : 74.118.212.1 / 74.118.212.2 (Primary / Secondary)


Kemudian yang kedua adalah alasan filterisasi konten. Jika anda menginginkan kenyamanan Internet dengan isi konten yang family friendly, maksudnya aman diakses seluruh anggota keluarga terutama anak kecil, seperti tidak ada konten pornografi dsb, maka salah satu pilihannya adalah menggunakan Open DNS dengan alamat  208.67.222.222 / 208.67.220.220 (Primary / Secondary)


Untuk mengubah Setting DNS di Komputer dengan DNS publik milik google, Silahkan ikuti tutorial di bawah:



Ada dua DNS publik yang terkenal dikalangan pengguna internet yaitu OpenDNS dan Google DNS. Soal kualitas, jangan ditanyakan lagi karena memang keduanya mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan DNS yang disediakan oleh ISP di Indonesia. Pendapat ini hanya pendapat pribadi kami selama menggunakan layanan ISP Indonesia.
Google DNS Public 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
OpenDNS Public 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
Jika ingin menggunakan DNS publik milik Google dan OpenDNS, ikuti petunjuk berikut ini :
  • Buka Control Panel, kemudian pilih Network Connections.
  • Pilih jenis koneksi apa yang ingin anda gunakan. Sebagai contoh pada kantor kami, kami menggunakan wireless sebagai default dari koneksi internet, maka yang harus dirubah adalah setting DNS pada wireless tersebut.
  • Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS Image
  • Klik kanan wireless dan pilih Properties.
  • Klik bagian Internet Protocol TCP/IP dari jendela network yang terbuka, kemudian klik tombol Properties.
  • Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS Image
  • Pada bagian Use the following DNS addresses, gunakan DNS dari OpenDNS atau Google DNS. Anda juga bisa mengkombinasikan antara keduanya.

    Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS Image

  • Kil tombol OK dan lanjutkan klik Close pada bagian Network Connections.
Jika ingin memaksimalkan dan mempercepat koneski internet, anda juga bisa mematikan service dari QOS Packet Scheduler pada bagian Network Connections (Mematikan QOS Packet Scheduler bisa mempercepat koneksi internet hingga mencapai 20% dari kecepatan semula).



Trik ini dapat diaplikasikan pada semua ISP yang anda pakai, baik itu melalui kabel telephone, modem GSM, modem CDMA, satellite atau juga bisa digunakan pada hotspot milik publik seperti yang ada di mall atau cafe.


Untuk windows 7 silahkan ikuti langkah berikut:


1. Buka Control Panel,
2. Klik Network and Internet,
3. Pilih Network and Sharing Center,
4. Klik Change Adapter Settings yang ada di menu sebelah kiri
5. Pilih device “network” mana yang ingin diganti DNS-nya. (Coba pilih saja yang biasa dipakai untuk sambungan internet).
6. Setelah itu, klik kanan, pilih Properties dan ikuti petunjuuk yang sudah ditulis di atas.


Demikian Tutorial untuk mempercepat akses internet. Semoga bermanfaat.


Source: Blog.fastncheap.com dan Cossierandi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar