Selasa, 08 Mei 2012

Saint Row: The Third - Pertikaian Antar Geng

Saints Row sering kali disebut sebagai ‘GTA Wannabe’ atau ‘GTA Clone’ karena memiliki gameplay yang kurang lebih sama dengan game Grand Theft Auto (GTA). Namun, seri Saints Row: The Third telah terlihat berbeda.

Game ini melanjutkan akhir kisah pada Saints Row seri sebelumnya. Di ceritakan, geng Saints Row telah bergabung dengan Ultor Corp, salah satu perusahaan besar yang menjadikan geng Saints Row sukses dan terkenal. Namun, mereka masih saja melakukan perampokan pada sebuah bank yang akhirnya gagal dan tertangkap. Saints Row kemudian dipenjara dan dibebaskan oleh geng yang bernama "The Syndicate". The Syndicate menawarkan kerja sama yang justru merugikan Saints Row. Untuk menolak kerja sama tersebut, mereka melarikan diri dari pesawat dengan terjun payung. Sayangnya, salah satu anggota Saints Row tertembak.

Sebelum memulai permainan, Anda yang berperan sebagai pemimpin geng Saints Row diminta untuk meng-customize karakter yang akan dimainkan. Proses customize terbilang detail, mulai dari atas kepala hingga kaki. Selain itu, Anda juga bisa memakai kostum yang aneh atau bahkan tidak berpakaian sekalipun (hanya menggunakan pakaian dalam).

Secara keseluruhan, gameplay Saints Row: The Third sama seperti game-game sandbox pada umumnya, tetapi unsur di dalam game ini lebih cenderung menyenangkan daripada menegangkan. Contohnya, saat Anda menggunakan UAV Predator layaknya dalam game Call of Duty: Modern Warfare, customize kendaraan ala Need for Speed, dan sebagainya. Tidak hanya itu, beberapa misinya pun menampilkan berbagai aksi ala Just Cause. Selain menjalankan misi utama, ada pula misi lain yang dapat Anda jalankan seperti menyelesaikan beberapa mini game yang tidak kalah menyenangkannya.



Berbagai misi yang unik tersaji lengkap dalam game ini dan aksi-aksinya pun terlihat menarik.Dalam game ini, Anda lebih banyak menjalankan misi di dalam kota yang bernama Steelport. Kota ini terlihat ramai dan penduduknya juga tidak terlihat monoton. Mereka kerap melakukan sejumlah aktivitas sehingga kota Steelport terlihat lebih hidup. Anda pun dapat menemui beragam kendaraan di jalan raya yang dapat Anda tumpangi. Kendaraan laut dan udara pun dapat membantu Anda untuk menyelesaikan misi yang sedang dijalankan.

Yang tidak kalah menarik adalah kota ini menyediakan beberapa properti yang dapat Anda beli, seperti rumah, apartemen, dan juga toko senjata. Selain itu, ada pula bengkel yang dapat Anda gunakan untuk meng-customize kendaraan mulai dari performa hingga warnanya. Ada juga klinik yang dapat membantu Anda untuk mengubah jenis kelamin dan wajah Anda. Semua properti tersebut selain memperkuat daerah kekuasan, juga berguna untuk memberikan income setiap jamnya.Pada game ini juga terdapat dua hal penting, yaitu Respect dan Money. Respect yang Anda dapat bisa menaikan level Anda. Semakin tinggi level Anda, semakin banyak kemampuan yang menguntungkan Anda. Untuk mengaktifkan kemampuan tersebut, Anda harus membelinya. Oleh karena itu, uang di sini sangatlah penting. Untuk mendapatkan Respect dan Money, selain menyelesaikan misi utama, Anda juga bisa mendapatkannya melalui mini game yang berhasil Anda selesaikan. Anda juga dapat menanbah Respect dengan menghancurkan kota dan membunuh penduduknya. Selama menjalankan sebuah misi, Anda pun akan dilengkapi dengan sebuah ponsel modern yang dapat membantu Anda melihat peta, memilih misi, membuka kemampuan, mencairkan uang, dan berkomunikasi untuk meminta bantuan.



Sayangnya, grafis dalam game ini tidak terlalu istimewa. Namun, beberapa efek kerusakan pada kendaraan dapat terlihat detail, mulai dari pecahnya ban hingga body kendaraan yang terlihat rusak. Selain itu, aksi animasi pada karakter sangat bervariasi, seperti ketika Anda memukul lawan atau menaiki kendaran secara cepat dengan melompat melalui jendela. Visualisasi dan gameplay pada Saints Row: The Third juga kerap menghadirkan unsur dewasa dengan konten seksual. Beberapa lokasi klub malam dengan penari berpakaian minim dan wanita yang sexy akan menjadi pemandangan yang sering Anda temui.

Selain Singleplayer, Anda pun bisa bermain Co-op Campaign secara online maupun Local Area Network (LAN). Selain itu, Anda juga bisa memainkan Campaign bersama teman yang bisa datang dan pergi dengan bebas. Selain Campaign dan Co-Op, ada pula Mode Whored. Mode ini mengajak Anda untuk bertahan ronde demi ronde menghadapi geng lainnya, zombie, dan berbagai musuh yang unik. Setiap ronde memiliki kondisi yang berbeda, seperti Anda dalam keadaan mabuk, menghadapi musuh raksasa, menggunakan tank, dan sebagainya.

Game ini tidak membuat bosan para pemainnya dengan jalan cerita yang terbilang unik dan parodi konyol yang akan membuat Anda tertawa sepanjang permainan. Hanya saja, konten dewasa (wanita berpakaian minim) membuat game ini harus dijauhkan dari anak-anak.

Spesifikasi Minimum: Windows XP, Windows Vista, or Windows 7 | Processor: 2GHz Dual Core Processor (Intel® Core 2 Duo or AMD Athlon™ X2) or higher | Memory: 2 GB | HDD: 10 GB | VGA: NVIDIA® GeForce® 8800 series or better / ATI Radeon™ HD3800 series or better

Publisher: THQ
Developer: Volition, Inc
Jenis: Open World action adventure, 3rd Person Shooter
Batas Umur: Dewasa
Website Resmi: http://www.saintsrow.com
Plus: Game sandbox dengan parodi yang sangat konyol.
Minus: Stasiun radio dan lagu yang sedikit. Anda tidak bisa memasukan lagu MP3 sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar